Friday 24 April 2015

WordPress 4.1 Tersedia

sebenarnya jarang sekali menulis tentang rilis update WordPress. Kali ini saya tulis karena saya sangat begitu excited, fitur-fitur terbaru kali ini adalah fitur yang saya sudah harapkan jauh-jauh hari.
Di akhir-akhir penutup tahun 2014, WordPress mengumumkan rilis terbaru versi 4.1, tersedia dan siap di-download di repositori WordPress.org atau bisa langsung dsi-update langsung daridashboard WordPress kamu.
Versi terbaru (4.1) dari WordPress ini dinamakan “Dinah”, penghargaan kepada penyanyi jazz Dinah Washington. Tersedia juga theme yang baru bernama “Twenty Fifteen”, datang dengan disain yang menawan dan tetap fokus terhadap penyajian konten.
wordpress-4-1 update
Oke, berikut ini saya mencoba memperkenalkan apa saya hal yang baru di WordPress versi 4.1, kenapa saya begitu senang.

Tema Default yang Baru

tema-25
Jujur saja, saya kurang suka dengan tema defaut WordPress sebelumnya, “Twenty Fourteen”. Alasannya karena terlalu ramai, tidak berfokus pada kontent, tetapi lebih kepada warna dan disain.
Nah, tema default WordPress kali ini sangat minimalis dan bersahabat dengan konten. Hampir tidak ada distraction lain bagi pengunjung yang ingin membaca tulisan kita. Selain itu, fitur responsif pada tema ini sangat bagus dan pas sekali.

Distraction Free Writing

Distraction Free Writing
Fitur ini yang paling saya tunggu-tunggu. Fitur yang membuat penulis fokus. Fitur ini sangat membantu saya. Saya terbilang blogger yang mudah sekali “aware” terhadap hal-hal yang kecil.
Fitur ini membuat saya lebih berkonsentrasi untuk menulis konten tanpa harus terganggu hal-hal kecil. Semua bagian yang tidak membantu dalam penulisan dihilangkan dan dapat kembali ketika saya menggerakan mouse/pointer saya ke bagian luar area penulisan.

Fitur-Fitur Lain

  • Bahasa: Sekarang kita bisa mengganti bahasa pada bagian General Setting
  • Log out: Tidak seperti sebelumnya, jika kita logout pada banyak komputer, cache akan tetap disimpan pada komputer yang lain yang belum logout. Sekarang, jika logout di satu komputer, maka akan logout juga dikomputer yang lain. Fitur ini tentu memberikan keamanan lebih.
  • Embed Video Vine: Cukup dengan paste url Vine, WordPress akan otomatis mengembed video tersebut.
  • Rekomendasi Plugin: WordPress sekarang lebih pintar, karena akan mencoba mempelajari plugin apa yang kita suka atau butuhkan.
Jika kamu adalah seorang pengembang, kamu bisa membaca hal-hal lebih teknis WordPress v4.1.
Bagaimana pendapat kamu tentang WordPress 4.1? saya sendiri sangat begitu senang denganupdate kali ini. Jangan lupa tuliskan komentarnya ya ;)

No comments :